Headlines News :
with picasion
Home » » PLN Bersih, Bersih...

PLN Bersih, Bersih...

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

"Listrik untuk kehidupan yang lebih baik."

Inilah moto dari PLN yang tetap relevan untuk kondisi di Indonesia sampai saat ini. Sudah jelas keberadaan listrik telah mengubah tatanan kehidupan manusia dari kehidupan yang primitif (kegelapan) menjadi kehidupan moderen (terang benderang). Sebagai masyarakat kecil kita hanya tahu kalau hampir seluruh aliran listrik di Indonesia disediakan oleh PLN. Setiap hari kita pasti memanfaatkan aliran listrik untuk menunjang berbagai kegiatan dan kebutuhan kehidupan kita. Tidak terkecuali saya (pribadi), setiap hari selalu membutuhkan aliran listrik guna mendukung saya dalam bekerja. Saya bekerja dengan laptop yang tentunya tidak akan bisa nyala lama tanpa adanya aliran listrik, maka bila listrik padam terlalu lama bisa mengacaukan kegiatan/pekerjaan saya. Untungnya di daerah saya jarang sekali terjadi mati listrik atau pemadaman aliran listrik untuk waktu yang lama, terkecuali memang baru ada kegiatan perbaikan saluran kabel maupun segala sesuatu yang berkaitan dengan aliran listrik.
Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Pada tahun 1972, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.17, status Perusahaan Listrik Negara (PLN) ditetapkan sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara dan sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK) dengan tugas menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum. Seiring dengan kebijakan Pemerintah yang memberikan kesempatan kepada sektor swasta untuk bergerak dalam bisnis penyediaan listrik, maka sejak tahun 1994 status PLN beralih dari Perusahaan Umum menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dan juga sebagai PKUK dalam menyediakan listrik bagi kepentingan umum hingga sekarang. PLN milik negara ini mempunyai amanah untuk melayani kebutuhan masyarakat yang berupa listrik. Pada masa sekarang ini aktivitas masyarakat sudah tidak terbatasi oleh malam hari karena malam hari yang dulunya gelap gulita sekarang sudah seperti siang hari yang terang benderang. Jalan-jalan yang dulunya gelap nampak terang karena adanya cahaya lampu kota. Listrik dari PLN merupakan salah satu faktor utama yang merubah tatanan kehidupan masyarakat dari kehidupan primitif menjadi kehidupan moderen. 
PLN ( Bersih- bersih...... )
Sejak awal tahun 2012, PLN berkomitmen untuk menjadikan PLNBersih, bersih dari suap, pungli, gratifikasi maupun korupsi. Komitmen PLNBersih ini semakin mencuat karena pemberitaan media masa baik cetak maupun elektronik. Program PLNBersih terkait masalah anti suap anti korupsi akhir-akhir ini semakin gencar dilaksanakan oleh perusahaan milik negara ini.
Komitmen PLNBersih salah satunya telah bekerja sama dengan BlogDetik mengadakan lomba blog bertema “Blogger Dukung PLN Bersih”.Sebagai masyarakat biasa yang kebetulan sedikit bisa nge-blog, tentu saya pribadi mendukung 100% komitmen PLNBersih ini dengan ikut serta menyuarakan PLNBersih dari suap, pungli, korupsi dan gratifikasi di blog ini.
Saat ini masyarakat setiap hari disuguhi oleh pemberitaan tentang bobroknya para pengusaha, pejabat negara bahkan wakil rakyat yang terhormat banyak yang terjerat kasus korupsi. Belum lama ini bahkan sangat memprihatinkan rakyat adalah adanya kasus yang menjerat ketua Mahkamah Konstitusi. Sudah pasti ini melukai hati rakyat Indonesia. Rakyat risau, apakah masih ada pejabat yang bisa dipercaya, amanah yang tentunya bersih dari suap, korupsi dan gratifikasi.
Sebagai warga negara sangat mendambakan negara ini bersih dari kasus suap, korupsi ataupun gratifikasi. Termasuk dalam tubuh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga harus bersih, apalagi mulai dibawah kendali direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Nur Pamudji, yang telah mendapat Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) 2013 atas upayanya dalam memberantas dan mencegah korupsi di perusahaan yang dipimpinnya. Berbagai kebijakan telah diterapkan dalam upaya menciptakan PLNBersih.
Dirut PLN, Nur Pamudji
Terbukti PLNBersih
PLNBersih ini telah terbukti dari para petugas yang bekerja di lapangan yang langsung berhubungan langsung dengan konsumen. Saat kami merasa kalau daya listrik yang ada di rumah kami kurang, maka kami langsung berinisiatif untuk menambah daya. Kami langsung pergi ke kantor PLN terdekat yang berlokasi di Palur, Karanganyar. Kami minta daya listriknya dinaikkan dari 450 kwh menjadi 900 kwh dari yang semula masih menggunakan alat penghitung meteran biasa beralih ke listrik pintar yaitu menggunakan pulsa listrik yang lebih praktis. Inilah inovasi terkini dari layanan PLN yang lebih menjanjikan Kemudahan, Kebebasan dan Kenyamanan bagi pelanggannya : Listrik Pintar – Solusi isi ulang dari PLN ! Dengan listrik pintar, setiap pelanggan bisa mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Setelah kami membayar administrasi yang semestinya beserta biaya pulsa listrik untuk awalnya, dalam waktu tiga hari petugas langsung menangani penambahan daya listrik ke rumah kami. Waktu yang diperlukan cukup singkat dan langsung selesei tanpa adanya biaya tambahan.
PLNBersih ini juga telah terbukti untuk ke-dua kalinya, yaitu awal tahun 2013 yang lalu, listrik di rumah kami bila malam hari saat lampu-lampu dan televisi dinyalakan tiba-tiba lampu jadi "kedip-kedip" bahkan sampai mati. Karena kurangnya pengetahuan kami akan hal kelistrikan, setelah coba kami cek lampu dan kabel listriknya di sana-sini seluruh rumah namun tidak menemukan masalah yang menyebabkan listrik mati-mati. Sampai akhirnya tetangga sebelah memberi tahu kalau kabel yang di atas rumahnya ternyata putus satu. Tanpa berlama-lama kami langsung menghubungi kantor PLN terdekat melalui telepon. Setelah kurang lebih satu jam menunggu akhirnya petugas dari PLN datang ke rumah dan langsung memeriksa kabel yang di atas rumah tetangga. Dalam waktu yang tidak terlalu lama selesei sudah perbaikannya dan selesei juga masalah listrik kami. Terimakasih PLN, karena ternyata memang gratis tanpa ada bayaran maupun imbalan yang harus kami keluarkan. Hal ini membuktikan kalau PLN memang benar-benar berkomitmen untuk menciptakan PLNBersih bebas dari suap, pungli, korupsi dan gratifikasi.
Mobil PLN di depan rumah (dokumen pribadi)

Jelas, bagi blogger dan kita tidak ada alasan untuk tidak mendukung program PLNBersih ini. Semoga program PLNBersih ini bisa dilaksanakan semaksimalnya oleh segenap jajaran terkait dalam PLN dan seluruh masyarakat Indonesia.


referensi : pln.co.id
                plnbersih.com
              

Ditulis Oleh : Smp negeri 2 Jumantono ~ Berbagi Lebih Luas

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang PLN Bersih, Bersih.... Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
Share this article :

Translate

Fanpage

 
Support : Creating Website | Ris Template | Ris Blogger
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagi Lebih Luas - All Rights Reserved
Template ReDesign by Creating Website Published by Ris Blogger