Headlines News :
with picasion
Home » » Hijaukan Bumi Dengan Kebun Karet

Hijaukan Bumi Dengan Kebun Karet

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Go Green
Go Green
          Indonesia, adalah tanah airku yang tercinta. Kalimat yang saya pakai untuk mengawali artikel ini, bukan tiada maksud. Karena jika kita memahami bahwa Indonesia ini adalah negara yang besar dan tentu saja luas. Daratannya banyak dipenuhi hutan yang menghijau, paling tidak bila kita melihat di peta Indonesia. Berkaitan dengan hutan secara otomatis berkaitan dengan penghijauan. Nah, mendengar dan melihat bahwa hutan kita semakin berkurang secara drastis dari tahun ke tahun maka semestinya kita tergerak untuk membantu menghijaukan kembali bumi Indonesia.
          Satu contoh usaha menghijaukan bumi adalah usaha yang dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara IX. PTPN IX (Persero) dalam menjalankan usaha berkomitmen untuk senantiasa menjaga, memelihara, dan mewujudkan kelestarian alam dan lingkungan. 
Tanda kepemilikan PT Perkebunan Nusantara IX
PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) memiliki dua Divisi, yaitu : Divisi Tanaman Tahunan yang membudidayakan dan menghasilkan produk-produk dari tanaman karet, kopi, kakao, teh dan Divisi Tanaman Semusim (Pabrik Gula) yang menghasilkan produk-produk dari tanaman tebu.
Wilayah kerja PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) meliputi Propinsi Jawa Tengah  dengan jumlah Kebun  15 unit dan jumlah Pabrik Gula (PG) 8 unit.
          Nah, yang saya sampaikan ini adalah perkebunan karet yang ada di daerah Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah. Perkebunan karet ini oleh masyarakat sekitar sering disebut dengan istilah "Alas Karet/Alaska" atau berarti hutan karet. Saya setiap pagi hari ke kantor melewati kawasan perkebunan karet ini dan demikian juga waktu pulangnya. Terasa sangat sejuk sekali manakala melintasi perkebunan karet ini dan saya sering menyempatkan untuk membuka kaca helm untuk menghirup udara segar yang ada di area perkebunan karet ini. Perkebunan karet ini cukup luas karena tidak hanya berlokasi di satu tempat saja, namun ada beberapa lokasi seperti bisa terlihat di googlemap berikut ini.


Lihat Alas Karet (Perkebunan Karet), Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah di peta yang lebih besar

          Setiap hari saya melihat tanaman karet yang tumbuh tinggi dan berbatang tidak terlalu besar ini. Tinggi pohon dewasa bisa mencapai 15 - 25 meter. Batangnya biasanya tumbuh lurus dan memiliki percabangan diatas. Daun karet terdiri dari tangkai daun utama dan tangkai anak daun. Panjang tangkai anak daun utama 3 - 20 cm. Panjang tangkai anak daun 3 - 10 cm dan pada ujungnya terdapat kelenjar. Anak daun berbentuk eliptis, memanjang dengan ujung meruncing, tepinya rata dan gundul. Biji karet terdapat dalam setiap ruang buah. Jumlah biji biasanya ada 3 - 6 buah sesuai dengan jumlah ruang. Ukuran biji besar dan memiliki kulit yang keras. Warnanya coklat kehitaman dengan bercak-bercak berpola yang khas. Tanaman karet adalah tanaman dengan sifat dikotil sehingga akar tanaman ini merupakan akar tunggang. Seperti kita tahu kalau akar tunggang mampu menopang batang tanaman yang tumbuh tinggi dan besar. 
 
Kebun karet yang masih produktif
          Gambar disamping adalah pohon-pohon karet yang masih produktif. Kita juga bisa melihat ada hamparan tanah kosong, sebenarnya tanah kosong itu karena pohon karetnya sudah ditebangi untuk selanjutnya dilakukan reboisasi. Jadi perkebunan karet di sini sedang tahap reboisasi secara bergilir, artinya tidak semua pohon karet ditebang dan dihabiskan tetapi baru sebagian kecil saja. Peremajaan/reboisasi adalah upaya pengembangan perkebunan dengan melakukan penggantian tanaman karet yang dianggap sudah tidak produktif (tua/rusak) dengan tanaman karet baru secara bertahap. 
Saat ini proses reboisasi baru sampai tahap pembuatan lubang untuk penanaman bibit pohon karet nantinya, lubang tersebut lebarnya berukuran 30 - 40cm dan kedalaman kira-kira 50cm. Lubang-lubang tersebut diberi tanda sebilah bambu yang ditancapkan dengan ketinggian kira-kira 1m. Jarak antar lubang ini kira-kira 2m. Kalau kita lihat lagi dari googlemap maka akan terlihat bagian yang masih hijau dan ada bagian yang sudah nampak tanah kosong serta bagian yang daun-daunnya sudah agak mengering karena sudah tidak terlihat hijau lagi. Tanaman karet memiliki sifat gugur daun sebagai respon terhadap kondisi lingkungan yang kurang  menguntungkan (kekurangan air/kemarau). Daun ini akan tumbuh kembali pada awal musim hujan.

Lubang-lubang untuk bibit karet
Tanaman karet memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan tanaman jenis lainnya, yaitu:
  • Dapat tumbuh pada berbagai kondisi dan jenis lahan, serta masih mampu dipanen hasilnya meskipun tanah tidak subur. Terbukti tanah di daerah Polokarto ini juga termasuk tanah yang kurang subur karena sebagian terlihat berpadas.
  • Mampu membentuk ekologi hutan, yang pada umumnya terdapat pada daerah lahan kering beriklim basah, sehingga karet cukup baik untuk menanggulangi lahan kritis.
  • Dapat memberikan pendapatan sangat baik bagi pemilik usahanya
          Hasil utama dari tanaman karet adalah jelas getah karet atau yang sering disebut lateks. Getah karet ini diperoleh dengan cara menggores/menyayat kulit batangnya yang akan mengeluarkan cairan pekat berwarna putih yang disebut lateks tadi. Lateks ini akan kering dan menggumpal apabila dibiarkan lebih dari 2 jam. Pohon karet ini baru boleh dipanen (untuk diambil lateksnya) setelah berusia 5 tahun dan memiliki usia produktif 25 sampai 30 tahun. Lateks inilah yang selanjutnya akan diolah menjadi bentuk baru (produk barang jadi). Lateks yang masih dalam bentuk cairan menjadi bahan baku produk balon karet mainan, permen karet, sarung tangan karet, kondom dan lain-lain. Sedangkan lateks yang sudah kering (membeku, sering disebut kompo) menjadi bahan baku ban mobil, conveyor belt, karet pelindung pada bodi mobil, dan lain-lain. Pasar karet Indonesia sangat besar potensinya bahkan bisa untuk diekspor keluar negeri. Harga karetpun sangat menjanjikan. 
          Selain bisa mendapakan keuntungan dari hasil karet sekaligus juga ikut menghijaukan bumi kita, karena kebun karet juga bermanfaat, antara lain :
  1. Sebagai penghasil/produsen oksigen hasil dari proses fotosintesis yang jelas kita tahu oksigen ini sangat kita butuhkan.
  2. Sebagai penyerap karbon dioksida (CO2), pepohonan membutuhkan kabon dioksida ini untuk proses fotosintesis. 
  3. Sebagai pencegah erosi dan sekaligus penampung air tanah.
  4. Sebagai paru-paru dunia.
          Melihat begitu besarnya pangsa pasar karet kita maka saya pribadi berharap PT Perkebunan Nusantara IX ini bisa digandeng oleh CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas dan bisa bekerjasama (ini harapan saya kalau belum terjadi) mengingat PT Perkebunan Nusantara IX ini perusahaan besar. Karena CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas juga menawarkan bibit karet dengan berbagai ukuran 1 payung, 2 payung, 3 payung. Harga yang ditawarkanpun sangat kompetitif. Karena sudah terbukti kalau CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas sehingga kita bisa diandalkan dalam penghijauan bumi ini. Apabila ini bisa terlaksana maka akan tercapailah keinginan Hijaukan bumi bersama mitrabibit.com. CV. Mitra Bibit menyediakan bibit Karet dalam berbagai ukuran dan melayani penjualan bibit baik dalam partai besar ataupun kecil, untuk lebih jelasnya dapat kita lihat pada cara pemesanan. Selain itu Produk unggulan dari CV. Mitra Bibit adalah bibit jeruk (bibit nipis, bibit jeruk siam/manis, bibit jeruk purut, bibit jeruk santang) juga anyak tersedia.
          CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas ini adalah sebuah usaha di bidang pertanian yang menjual berbagai macam bibit tanaman unggul yang sudah merambah di dunia digital yaitu internet. Website atau situs resminya adalah www.mitrabibit.com.  Sebuah usaha yang jarang kita temukan di dunia internet. Kita bisa mendapatkan berbagai jenis bibit dengan kualitas bagus dengan cara pesan online. Produk unggulan dari CV. Mitra Bibit adalah bibit jeruk (bibit nipis, bibit jeruk siam/manis, bibit jeruk purut, bibit jeruk santang) yang sangat bagus kita tanam di pekarangan rumah kita. Mari kita Hijaukan bumi bersama mitrabibit.com.  
          Kesehatan kita sangatlah penting dan harus selalu dijaga. Selain sehat itu ditentukan oleh diri sendiri ternyata harus kita sadari bahwa sehat itu juga ditentukan oleh lingkungan sekitar ataupun lingkungan secara global. Artinya lingkungan yang sehat menjadikan kita juga sehat. Udara yang bersih sangat berharga dan penting bagi kehidupan kita. Salah satu faktor yang bisa menjadikan udara kita bersih adalah adanya banyak pohon di lingkungan kita. CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas adalah satu mitra bagi kita dalam hal penghijauan. Dengan menyadari hal tersebut maka betapa pentingannya penghijauan bagi kita dan bumi kita. Berbagai macam tanaman bisa kita tanam dan kita bisa dapatkan Produk unggulan dari CV. Mitra Bibit adalah bibit jeruk (bibit nipis, bibit jeruk siam/manis, bibit jeruk purut, bibit jeruk santang).

          Mari melakukan penghijauan bersama CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas dan bisa langsung menghubungi kontak CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas sebagai pelopor "Go Green" di bawah ini :

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP: 0852-2848-4369
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:
Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas.

Mari selamatkan anak cucu kita dan bumi kita dengan "Go Green".


Ditulis Oleh : Smp negeri 2 Jumantono ~ Berbagi Lebih Luas

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Hijaukan Bumi Dengan Kebun Karet. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
Share this article :

Translate

Fanpage

 
Support : Creating Website | Ris Template | Ris Blogger
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagi Lebih Luas - All Rights Reserved
Template ReDesign by Creating Website Published by Ris Blogger